Profil Perusahaan

TSE Large

Tambora Sugar Estate


PERKEBUNAN TEBU (INTI)

Potensi lahan yang cocok untuk budidaya tebu mencapai ribuan hektar, sehingga mencukupi untuk kebutuhan sebuah pabrik gula. PT. SMS sampai saat ini telah berhasil menanami tebu di area perkebuanan inti ±1.000 Ha dari 5.500 Ha.

 


PERKEBUNAN TEBU (MITRA)

Untuk perkebunan tebu di area mitra sudah mencapai 1.700 Ha dengan Petani Mitra mencapai ±1.400 Petani. Dimana secara langsung meningkatkan produktivitas Masyarakat setempat yang seiring dengan meningkatnya kesejahteraan Masyarakat Kab. Dompu. Guna mendukung program Pemerintah dengan slogannya “Ayo Kerja” dalam menciptakan iklim yang produktif tesebut PT. SMS telah memberikan bantuan hibah bibit kepada Petani Mitra, bantuan Land Clearing dan bantuan teknis budidaya tebu.

 


PABRIK GULA TERPADU

PG Tambora Sugar Estate dirancang berkapasitas 5.000 tons cane/day (TCD) dan dapat dikembangkan menjadi 10.000 tons cane/day (TCD). Pelaksanaan pembangunan sudah dimulai sejak Maret 2014 dan diproyeksikan PG Tambora Sugar Estate pada akhir April 2016 sudah bisa melakukan giling perdana.

PG Tambora Sugar Estate bila beroperasi dapat menciptakan lapangan kerja dan diperkirakan dapat menyerap tenaga kerja untuk sektor inti ±500 orang dan sektor penunjang bisa mencapai ±3.000 orang. Selain itu juga secara langsung dapat meningkatkan perekonomian sektor riil & sektor non-riil seperti pertanian, transportasi, bangunan, keuangan, perdagangan, pajak dan jasa-jasa yang ada di Kab. Dompu.

 

PG Tambora Estate merupakan Pabrik Gula Terpadu yang akan memproduksi gula putih premium sekaligus menghasilkan produk sampingan berupa bio-ethanol, pupuk organik dan pakan ternak yang nantinya akan berguna bagi peternak sapi disekitar pekebunan tebu di Kab. Dompu.

 

 

PETERNAKAN SAPI

KONSEP POLA PENDUKUNG PEMBERDAYAAN MASYARAKAT