Nilai & Budaya Perusahaan

Nilai & Budaya Perusahaan

IC STAR

Corporate Values

Key Behaviour (Eng)

Key Behaviour (Ind)

I

Integrity

Trustworthy

Dapat dipercaya

Commitment

Berkomitmen

Honest

Jujur

C

Continuous Learning

Learning spirit

Kemauan belajar

Visionary

Visioner

Continuous improvement

Perbaikan berkesinambungan

Innovativeness

Pembaharuan

S

Strive for Excellence

Pioneering

Pelopor

Highly motivated

Motivasi tinggi

Challenging

Berani menerima tantangan

T

Team Work

Togetherness

Kebersamaan

Cooperative

Dapat bekerja sama

Helpful

Tolong menolong

A

Accountable

Speak by data

Berbicara dengan data

Openness

Keterbukaan

Responsible

Bertanggung jawab

R

Respect

Don't blame others

Tidak menyalahkan orang lain

Appreciate others

Menghargai pendapat orang lain

Emphaty

Empati

 

Integrity

Setiap individu SAMORA tidak hanya wajib menghormati dan mematuhi semua peraturan perundang-undangan dan norma yang berlaku, namun juga senantiasa harus mempertahankan integritas pribadi sehingga dirinya dapat menjadi panutan bagi lingkungan sekitarnya. Nilai dasar integritas harus terus dijaga dan ditingkatkan melalui perilaku-perilaku kunci yaitu dapat dipercaya, berkomitmen dan jujur.

 

Dapat Dipercaya

Setiap individu SAMORA harus meyakini bahwa untuk menjadi perusahaan yang terus tumbuh dan berkembang, maka mendapatkan kepercayaan dari pihak lain adalah modal yang sangat bernilai. Kepercayaan tersebut harus dapat terus dijaga dan ditingkatkan sehingga melekat ke dalam diri setiap individu SAMORA.

 

Berkomitmen

Setiap individu SAMORA harus memiliki komitmen untuk berpegang teguh kepada kebijakan-kebijakan yang telah disepakati bersama dan menjalankan aktivitas serta rencana kerja sesuai dengan perencanaan.

 

Jujur

Setiap individu SAMORA harus menampilkan sisi pribadi apa adanya, tampil lugas, jujur dan tulus, sehingga selalu menemptkan diri sebagai pribadi yang mampu mengambil keputusan yang adil dan obyektif.

 

Continuous Learning

Setiap individu SAMORA dituntut untuk melakukan pembelajaran secara terus-menerus dan berkesinambungan agar dapat terus menambah wawasan dan mampu mengubah cara pandang terhadap sesuatu hal dengan lebih baik. Nilai dasar pembelajaran secara terus-menerus harus terus dijaga dan ditingkatkan melalui perilaku-perilaku kunci yaitu kemauan belajar, visioner dan perbaikan berkesinambungan.

  

Kemauan Belajar

Setiap individu SAMORA harus merasa haus akan ilmu pengetahuan dan menjauhi pemikiran yang menyatakan bahwa dirinyalah yang paling pintar yang dapat menghalangi penerimaan terhadap pengetahuan baru, sehingga dapat menjadi gelas kosong yang selalu siap untuk diisi.

 

Visioner

Setiap individu SAMORA harus berpikir visioner dan kreatif. Hal ini didasari bahwa setiap manusia mempunyai intuisi, gagasan, mimpi dan fantasi serta kreatifitas di dalam dirinya. Dengan adanya sisi visioner maka intelegensia seseorang dapat lebih ditingkatkan, sehingga dapat meningkatkan daya saing perusahaan untuk menjadi yang terbaik di masa kini dan masa yang akan datang.

 

Perbaikan Berkesinambungan

Setiap individu SAMORA harus menekankan pentingnya komitmen untuk tidak pernah berhenti belajar dan melakukan perbaikan serta peningkatan di semua bidang, khususnya di semua tingkat proses kerja yang ada.

 

Strive for Excellence

Setiap individu SAMORA harus menekankan pentingnya semangat untuk selalu berjuang untuk menjadi yang terbaik hingga mencapai tingkat kompetitif perusahaan yang terbaik sampai ke tingkat dunia. Nilai dasar berjuang untuk menjadi yang terbaik harus terus dijaga dan ditingkatkan melalui perilaku-perilaku kunci yaitu pelopor, motivasi tinggi dan berani menerima tantangan.

 

Pelopor

Setiap individu SAMORA harus selalu menjunjung tinggi sikap pelopor dan proaktif sebagai bagian untuk menjadi pribadi yang dinamis dalam menentukan keputusan terbaik dalam hidupnya dan menjadi teladan bagi lingkungan sekitarnya.

 

Motivasi Tinggi

Setiap individu SAMORA harus memiliki motivasi dan berpikir mampu menjadi yang terbaik di bidangnya, serta memiliki sikap mental juara dengan didorong oleh kesadaran dan keinginan untuk melakukan yang terbaik bagi diri sendiri dan perusahaan.

 

Berani Menerima Tantangan

Setiap individu SAMORA harus berusaha untuk menerima tantangan dan meningkatkan penerapan ide-ide baru dengan mengambil risiko yang telah diperhitungkan sebagai proses untuk mencapai tingkat yang selangkah lebih maju dibanding para pesaing.

 

Teamwork

Setiap individu SAMORA harus menekankan arti penting untuk mau bekerja sama dalam menyelesaikan permasalahan bersama demi keberhasilan bersama. Nilai dasar kerja sama harus terus dijaga dan ditingkatkan melalui perilaku-perilaku kunci yaitu kebersamaan, dapat bekerja sama dan tolong menolong.

 

Kebersamaan

Setiap individu SAMORA harus menyadari bahwa organisasi adalah sekumpulan individu yang memiliki tujuan bersama, dimana tujuan tersebut tidak akan dapat terwujud tanpa adanya kebersamaan di dalam lingkungan organisasi.

 

Dapat Bekerja Sama

Setiap individu SAMORA harus mampu bersikap terbuka terhadap berbagai hal baru serta menghargai perbedaan dan memperkuat kesamaan untuk menjadi satu kesatuan tim yang kuat dalam mencapai tujuan bersama.

 

Tolong-Menolong

Setiap individu SAMORA harus menyadari bahwa kelebihan yang dimilikinya adalah anugerah dari Tuhan yang selayaknya dapat dimanfaatkan untuk membantu sesama dan saling tolong-menolong di dalam lingkungan kerja.

 

Accountable

Setiap individu SAMORA harus menekankan pemenuhan tanggung jawab baik kepada diri sendiri maupun perusahaan. Tugas yang diberikan perusahaan kepada setiap individu harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dengan penuh tanggung jawab sampai tuntas, termasuk analisa permasalahan dan usulan pemecahannya. Nilai dasar tanggung jawab harus terus dijaga dan ditingkatkan melalui perilaku-perilaku kunci yaitu berbicara dengan data, keterbukaan dan dapat diandalkan.

 

Berbicara Dengan Data

Setiap individu SAMORA harus berusaha mengambil keputusan yang efektif berdasarkan pada informasi yang diolah dari data hasil observasi, pengukuran atau fakta. Sehingga peran setiap individu sangatlah besar untuk memberikan data yang akurat dan terpercaya.

 

Keterbukaan

Setiap individu SAMORA harus berusaha menjunjung tinggi keterbukaan dalam bertindak didasari pada hati nurani dan etika kerja tinggi, termasuk kejujuran dan transparansi dalam menyampaikan informasi apa adanya sesuai fungsi, peranan dan tanggung jawab di dalam perusahaan.

 

Dapat Diandalkan

Setiap individu SAMORA harus menekankan pentingnya mempunyai karakter yang dapat diandalkan dan kesiapan untuk meraih kepercayaan pelanggan.

 

Respect

Setiap individu SAMORA harus menekankan pentingnya rasa menghargai sesama secara utuh atas harkat dan martabatnya sebagai individu, anggota keluarga dan anggota masyarakat. Sentuhan hati adalah lebih efektif dibandingkan tekanan, sehingga perlunya ditanamkan kesadaran bahwa setiap individu diberi kesempatan yang sama untuk berkarya dan berkembang bersama perusahaan. Nilai dasar menghormati harus terus dijaga dan ditingkatkan melalui perilaku-perilaku kunci yaitu tidak menyalahkan orang lain, menghargai pendapat orang lain dan empati.

  

Tidak Menyalahkan Orang Lain

Setiap individu SAMORA harus dapat bertindak secara profesional berlandaskan prinsip saling menghargai dan saling mempercayai, serta menghindari tindakan atau ucapan yang tidap pada tempatnya seperti menyalahkan atau mengancam.

 

Menghargai Pendapat Orang Lain

Setiap individu SAMORA harus dapat menghargai pendapat orang lain (termasuk rekan kerja) secara tulus, juga menghargai keterbatasan kemampuan orang lain dengan memberikan dukungan dalam bentuk pembinaan dan bimbingan demi tercapai kebaikan bersama.

 

Empati

Setiap individu SAMORA harus menyadari adanya kesempatan yang sama dalam berprestasi tanpa diskriminasi dan tidak membedakan senioritas, gender, suku, ras, agama dan antar golongan.


 

Maskot