KOMITMEN DAN DEDIKASI MEMBANGUN INDONESIA TIMUR YANG LEBIH BAIK

KOMITMEN DAN DEDIKASI MEMBANGUN INDONESIA TIMUR YANG LEBIH BAIK

Category : Berita

tebu

Tebu (bahasa inggris : sugarcane) adalah tanaman untuk bahan baku gula dan vetsin. Tanaman ini hanya dapat tumbuh di daerah beriklim tropis. Tanaman ini termasuk jenis rumput-rumputan. Umur tanaman sejak ditanam sampai bisa dipanen mencapai kurang lebih 1 tahun. Di Indonesia, tebu banyak dibudidaya di pulau Jawa dan Sumatra.

Untuk pembuatan gula, batang tebu yang sudah dipanen diperas dengan mesin pemeras (mesin press) di pabrik gula. Sesudah itu nira atau air perasan tersebut disaring, dimasak, dan putihkan sehingga menjadi gula pasir yang kita kenal. Dari proses pembuatan tebu
tersebut akan dihasilkan gula 5% ampas tebu 90% dan sisanya berupa tetes (molasse) dan air.


Daun tebu yang kering adalah biomassa yang mempunyai nilai kalori cukup tinggi, Ibu-Ibu di perdesaan sering memakai daun tebu itu sebagai bahan bakar untuk memasak, selain itu menghemat minyak tanah yang semakin mahal, bahan bakar ini cepat panas.
Dalam konversi energi pabrik gula, daun tebu dan juga ampas batang tebu digunakan untuk bahan bakar Boiler, yang uapnya digunakan untuk proses produksi dan pembangkit listrik.


Bahkan kelompok mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada Yogyakarta mengolah ampas tebu menjadi silica gel yang mencegah tumbuhnya jamur pada obat-obatan, makanan, dan barang elektronik. Pembakaran ampas tebu (bagasse) menghasilkan limbah padat berupa abu yang mengandung silica sekitar 51%, yang memiliki fasa amorf yang menjadikan abu bagasse berpotensi sebagai bahan baku pembuatan silica gel yang mempunyai nilai tambah secara ekonomi. Silica gel ini juga dapat diaplikasikan untuk
meningkatkan mutu komoditas buah-buahan. Dimana bahan aktifnya dapat membantu menjaga mutu buah sehingga tidak mudah mengalami proses oksidado dan pematangan.


Selain itu juga di beberapa daerah air perasan tebu sering dijadikan minuman segar pelepas lelah, air perasan tebu cukup baik bagi kesehatan tubuh karena dapat menambah glukosa.